Selamat datang di Linggar Story Center

Sabtu, 30 Juni 2012

PERAN PERBANKAN DAN KOPERASI DALAM MENDORONG PENINGKATAN KEWIRAUSAHAAN DI INDONESIA


Mengacu pada pertumbuhan kuantitatif koperasi Indonesia empat tahun terakhir dari semula tercatan 118.644 di tahun 2002 meroket menjadi 123 ribu pada tahun 2005, tidak lebih dari 4 tahun koperasi terus bermunculan seperti hujan yang tidak pernah berhenti. Ini menunjukkan bahwa animo masyarakat yang terus meningkat untuk menghidupkan roda perekonomian mlalui koperasi.
             Belum berhasilnya Indonesia dalam meningkatkan maupun mengembangkan perekonomian di pedesaan terutama rakyat kecil membuat kurang optimalnya kinerja koperasi dalam terus mengembangkan roda pero\ekonomian rakyat kecil. Koperasi sendiri masih digolongkan dalam sub-sistem dari system swasta dan BUMN, dengan kedudukan yang tidak sederajat. Hal inilah yang membuat sulitnya koperasi dalam mengembangkan jaringan yang mencukupi. Apalagi untuk mampu mengembangkan hingga menyentuh rakyat kecil tntulah sangat sulit sehingga hal ini membuat banyak keuntungan-keuntungan yang justru mampu diserap oleh sektor swasta. Memang sesungguhnya koperasi bisa dijadikan solusi dalam mengatasi maslah pengangguran dan kemiskinan namun juga dibutuhkan eksistensi koperasi-koperasi berkualitas sehingga memberikan keyakinan kepada masyarakat bahwa sesungguhnya koperasi mampu menjadi salah satu bagian penting pemerintahan dalam menciptakan lebih banyak lapangan pekerjaan. Namun untuk menjadi koperasi yang berkualitas sangat diperlukan usaha yang dapat menumbuhkembangkan koperasi itu sendiri sehingga koperasi tersebut mampu berjalan dengan baik.
             Dalam koperasi pemilik berada satu genggaman segenap sumber daya digunakan untuk melayani anggota. Kesejahteraan anggota Nampak melalui pelayanan dan akses yang optimal terhadap sumber daya organisasi dan ekonomi koperasi. Untuk itu perlu dibangun suatu system yang mampu mendorong perkembangan usaha koperasi.

BACA SELANJUTNYA

Bookmark and Share

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan pesan disini.

UPN Veteran Yogyakarta
 

All Rights Reserved

Copyright 2010
Story Center Website